PT Djarum menggunakan pendekatan strategi yang berbeda dalam membangun
merek Djarum Super Mezzo, yaitu dengan menambahkan kata “Djarum Super”
dalam merek rokok mild tersebut, merek Djarum Super yang sudah memiliki
awareness yang tinggi dan brand image yang kuat di tengah konsumen
diharapkan mampu mengangkat penjualan produk mild yang baru ini masuk
ke pasar rokok mild.
Kenyataannya, hasil dari sebuah penelitian adalah top of mind merek
rokok mild masih didominasi oleh Sampoerna A Mild (79,5%), diikuti oleh
Star Mild (12,1%). Djarum Super Mezzo berada di peringkat ketiga
(4,2%). Untuk merek kedua yang diingat setelah merek pertama yang
terlintas atau unaided awareness dikuasai oleh Star Mild (39,5%),
Sampoerna A Mild (18,4%) dan Djarum Super Mezzo (14,7%).
Djarum Super Mezzo dan Star Mild memiliki karakteristik akan
personality dan association yang mirip. Djarum Super Mezzo
dipersepsikan memiliki sifat yang santai dan easy going, berpenampilan
menarik, dan penuh percaya diri, namun merek ini juga memiliki posisi
yang sama dengan Star Mild yang dekat dengan atribut menikmati
kehidupan malam, menyukai petualangan dan maskulin.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar